6 Website Untuk Belajar Coding Secara Online Gratis

Dalam proses membangun suatu website, tidak ada salahnya bagi kamu untuk memahami sedikit pengetahuan dasar seputar coding. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika mempelajarinya.

Selain bisa melakukan pengelolaan website dengan lebih baik, kamu tidak perlu menggunakan jasa website developer untuk mengembangkan website. Jika membuat website sendiri dengan platform seperti Website Builder dirasa kurang memuaskan, kemampuan coding bisa membantu kamu untuk mengeksplorasi fitur-fitur website dengan lebih leluasa sesuai keinginan kamu.

Selain itu, indahnya menikmati perkembangan teknologi saat ini adalah kamu bisa belajar apa pun secara mudah dan tentu saja gratis, hanya dengan membuka sebuah situs. Maka dari itu, melalui artikel ini santui media berikan kumpulan website untuk belajar coding secara online dan gratis.

6 Website Untuk Belajar Coding Secara Online Gratis

1. Code Academy
Dengan user yang sudah mencapai lebih dari 25 juta orang di dalamnya, Code Academy layak disebut sebagai salah satu situs yang paling banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin mempelajari coding secara gratis.

Ada beragam penawaran kursus online yang bisa kamu maksimalkan melalui platform ini, mulai dari programming for beginner hingga ke materi mengenai bahasa pemrograman tingkat lanjut.
Pada Code Academy, metode pembelajaran dan pendekatan yang dilakukan bisa terbilang cukup interaktif. Dalam proses pembelajarannya, kamu tidak hanya sekadar mendapatkan teori saja, namun bisa langsung mengaplikasikan apa yang telah kamu pelajari.

Konten seputar coding pun memiliki kuota waktu hingga 300 juta jam, sehingga cocok untuk para pemula maupun programmer yang sudah berpengalaman. Bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di dalamnya berupa HTML, JavaScript, CSS, jQuery, PHP, Python dan Ruby.

2. Codewars
Hampir sama seperti Free Code Camp, kamu bisa mempelajari coding atau bahasa pemrograman seperti Java, Javascript, C#, Ruby, Python, dan SQL melalui berbagai rangkaian tantangan atau challenge. Tantangannya pun cukup unik karena terinspirasi dari seni bela diri.

Setiap tantangan di dalamnya disebut dengan istilah kata yang merujuk pada olahraga judo di Jepang. Tujuannya adalah untuk mempertajam kemampuan serta keahian yang dimiliki para penggunanya melalui bahasa pemrograman tertentu.
Tidak berhenti sampai di situ, hasil akhir dari kata tersebut juga bisa digunakan untuk mempelajari kode baru dari awal. Apabila kamu sudah berhasil menyelesaikannya, kata selanjutnya pun akan semakin menantang.

Melalui penyelesaian dari tantangan satu ke tantangan lain, kamu dapat melihat komparasi solusi yang sudah kamu miliki dan yang user lain tawarkan. Dari sini, kamu bisa menggali lebih jauh teknik-teknik yang berbeda untuk mengatasi setiap masalah terkait dengan development.

3. Github
Situs GitHub dapat memungkinkan kamu untuk mencari buku referensi ketika suatu waktu kamu dalam kondisi terdesak. Bahkan, kamu dapat mencari dan menemukan lebih dari 500 buku pemrograman secara gratis yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman yang berbeda. Tenang saja, buku-buku yang ada di GitHub selalu update kok.

4. Free Code Camp
Berbeda dengan website belajar coding yang hanya menyediakan tutorial, Free Code Camp menawarkan real-life communication dan memiliki komunitas untuk belajar seputar bahasa pemrograman secara langsung. Melalui platform ini, kamu bisa berpartisipasi aktif dalam berbagai challenge.
Untuk bisa menyelesaikan challenge atau tantangan tersebut, platform ini akan memberikan kamu akses menuju tutorial dan kursus pemrograman terlebih dulu. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikannya dengan mudah. Makin banyak challenge yang kamu selesaikan, makin banyak pula pengetahuan seputar pemrograman yang kamu kuasai.

5. Code Avengers
Code Avengers merupakan situs belajar coding gratis yang sangat interaktif. Di sini, kamu bisa mempelajari bagaimana coding game yang sesungguhnya, coding sebuah aplikasi, serta tidak lupa akan ada pelajaran mengenai JavaScript, dan HTML & CSS. Setiap pelajaran, akan memakan waktu hingga 12 jam untuk dapat diselesaikan. Oh ya, situs ini tersaji dalam bahasa Inggris, Rusia, Belanda, Spanyol, Italia, Turki, dan Portugal.

6. Pluralsight CodeSchool
Bagi para pemula yang ingin mempelajari coding secara online, baik gratis maupun berbayar, Pluralsight Code School merupakan salah satu platform yang mampu mengakomodirnya. Website ini telah mempunyai lebih dari satu juta pengguna dari berbagai belahan dunia.

Selain diatur dengan metode dan proses pembelajaran yang berbeda, kursus online melalui Pluralsight Code School juga ditentukan oleh bahasa pemrograman yang dipilih serta keahlian yang dikuasai.
Di Pluralsight Code School, kamu bisa mempelajari beragam bahasa pemrograman, seperti HTML dan CSS, Javascript, Ruby, Elixir, PHP, Python, iOS, dan Database. Dalam proses pembelajarannya, ada 4 jenis pendekatan yang digunakan. Tahap-tahap tersebut meliputi:
  • Pemilihan jalur kursus yang disusun dan dibuat langsung oleh para expert, lalu pelajari materi yang telah disediakan.
  • Untuk berlatih coding, kamu bisa langsung menggunakan browser dan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan feedback.
  • Setiap kali kamu menyelesaikan 1 level kursus ke level yang lain, kamu akan mendapatkan poin untuk setiap materi yang sudah dipelajari.
  • Untuk mengukur tingkat keberhasilan kursus yang sudah diambil, kamu bisa memonitor langsung dengan laporan berupa progres dan capaian yang telah kamu peroleh.

Nahh, itulah 6 Website Untuk Belajar Coding Secara Online dan Gratis. Apakah salah satu situs tersebut sudah ada yang pernah kamu kunjungi?
Perlu di ingat! Jangan malas belajar yaa, agar nanti kamu juga bisa menguasai semua bahasa pemrograman, setidaknya beberapa bahasa pemrograman juga sudah baik. Maka dari itu jangan malas belajar dan terus kembangin keahlian ngoding kamu.
Selamat mencoba >.<

Comments

Popular posts from this blog

Download Kinemaster Pro Video Editor 4.7.7.11911.GP Apk (Unlocked)

Cara Memasang Syntax Highlighter di Artikel Blog

Download Ebook Belajar HTML & CSS