Cara Mudah Mempercepat Loading Situs Blog 2019


Kalian pasti ingin kan mempunyai blog yang memiliki kecepatan loading sangat cepat? nahh pastinya ingin banget kan :v. Sebab, kecepatan loading blog juga berpengaruh pada SEO On-Page dan pengalaman pengunjung. Jadi semakin cepat loading blognya, semakin bagus pula rangkin blog di SERP.

Belakangan ini, salah satu search engine raksasa bernama Google, dalam algoritma terbarunya mengatakan bahwa kecepatan loading blog dan pengalaman pengunjung menjadi salah satu faktor penting dan semakin diperhatikan oleh Google.

Nahh selain itu, menurut sebuah studi kasus, sebagian besar pengunjung akan meninggalkan halaman blog yang membutuhkan waktu loading 10 detik, artinya kecepatan loading blog juga berpengaruh pada tingginya bounce rate.
Jadi, apakah kamu masih menganggap kecepatan loading blog itu tidak penting?
Itu terserah kamu juga sih :v

Gimana sih caranya supaya loading blog makin cepat??
silahkan ikuti cara-caranya >.<

Cara Mudah Mempercepat Loading Situs Blog

1. Memasang Lazy load
Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mempercepat loading blog adalah dengan cara memasang Lazy load, Lazy load adalah teknik yang menunda pemuatan dari resource yang tidak penting pada waktu pemuatan halaman.

Lazy load terbukti efektif untuk mempercepat loading blog dan hampir semua blog telah terpasang Lazy load , termasuk admin juga >.< Ada beberapa macam pilihan Lazy load yang bisa kamu pasang, diantaranya lazy load pada gambar, video, dan lazy load adsense.
Nahh gimana sih cara memasang Lazy load? silahkan simak caranya Disini

2. Minify HTML dan CSS
Apa sih Minify itu? Minify adalah teknik mengilangkan karakter yang tidak diperlukan dalam kode untuk diproses. Karakter yang dimaksud adalah spasi, baris baru, komentar dan delimiter.

Meskipun membantu mempercepat loading blog, kekurangan melakukan minify HTML dan CSS ialah kode HTML dan CSS akan sulit untuk dipahami, sebenarnya sih ngga sulit-sulit amat. Namun jika kamu sudah selesai mengedit template blog, maka lebih baik untuk melakukan minify.

Sebenarnya bukan hanya HTML dan CSS saja yang bisa di minify, JavaScript pun juga bisa, tetapi untuk melakukan minify pada JavaScript terbilang susah dan ribet. Maka dari itu, tips berikutnya bisa menjadi solusi daripada harus melakukan minify JavaScript.

Selain itu, melakukan minify juga bermanfaat mengurangi cloning template karena akan sulit dimengerti.

3. Hapus Widget yang tidak digunakan
Jangan lupa untuk menghapus widget yang berlebihan, apalagi widget itu tidak ada manfaatnya sama sekali :v. Widget yang terlalu banyak hanya akan memberantakan loading blog kamu, meskipun itu bagus untuk menghias tampilan blog.

Kalo admin sih lebih suka blog yang sederhana dan simpel tapi tampilannya menarik. Intinya sih jangan terlalu memasang banyak widget.

4. Memperkecil ukuran gambar
Memperkecil ukuran gambar (Kompres). Cara ini lumayan efektif untuk mempercepat loading blog. Karena bekerja dengan cara mengurangi ukuran gambar, namun kualitas gambarnya masih bagus

5. Tampilkan 4 atau 5 postingan pada halaman utama blog
Pada halaman utama blog, sebaiknya jangan menampilkan jumlah postingan lebih dari 5, semakin banyak daftar postingan kita tampilkan maka akan semakin memperlambat loading halaman blog, sebaiknya tampilkan 4 sampai 5 postingan dalam halaman beranda atau halaman utama blog.

6. Mengubah JavaScript menjadi inline
Hal terakhir yang harus kamu lakukan jika ingin mempercepat loading blog adalah mengubah JavaScript menjadi inline. Bagi kamu yang belum mengerti, maksudnya ialah mengubah JavaScript yang dihosting sendiri (eksternal) menjadi kedalam edit HTML
Ketika kita banyak menggunakan internal JavaScript sebaiknya internal JavaScript kita letakan dibagian header dan dalam format template blog seperti terlihat pada kode dibawah ini:

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[ 
letakan kode javascript disini
//]]>
</script>

Itulah sedikit cara untuk mempercepat loading blog cara diatas membantu mempercepat loading blog kamu >.<

Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

Download Kinemaster Pro Video Editor 4.7.7.11911.GP Apk (Unlocked)

Cara Memasang Syntax Highlighter di Artikel Blog

Download Ebook Belajar HTML & CSS