Manfaat Begadang Bagi Manusia

Manusia itu butuh tidur, karena Tidur merupakan aktivitas yang diperlukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh. Biasanya, orang dewasa memerlukan tidur sekitar 7 hingga 9 jam sehari. Sedangkan anak-anak membutuhkan waktu tidur lebih lama dari orang dewasa.

Bagaimana jika seseorang lebih sering begadang dan bangun terlalu siang?
Begadang sering dipercaya banyak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh dan mental.
Bahkan banyak orang dewasa yang melarang anaknya untuk tidur terlalu larut malam. Tapi ternyata, ada sejumlah manfaat kesehatan dari tidur larut malam, yang mungkin tidak pernah diketahui sebelumnya.

Berikut keuntungan sering tidur larut malam yang jarang diketahui

1. Punya kreatifitas tinggi
Orang yang tidur larut malam adalah orang-orang yang lebih kreatif.

Hal tersebut dikarenakan menjalani rutinitas harian adalah tentang apa yang bisa dilakukan semaksimal mungkin dengan sedikit waktu.
Mereka yang bangun pagi harinya dengan melakukan rutinitas biasa, seperti olahraga, pergi bekerja ataupun yang lainnya.

Ketika seseorang bangun jam 6 pagi, biasanya dirinya akan memulai aktivitas dengan semburan energi. Namun menjelang siang ke sore hari ia merasa tersiksa dengan energi yang sudah sangat mepet.

Sementara mereka yang suka tidur larut malam, mereka sering memanfaatkan waktu dimalam hari untuk bekerja dan beraktivitas seperti biasa, untuk menciptakan hal yang baru. Dan tenaga mereka akan bisa tetap konstan untuk menjalani waktu di pagi hari.

Dan ini terbukti oleh tim peneliti dari Catholic University of the Sacred Heart di Milan yang menemukan bahwa orang yang suka begadang lebih cenderung mengembangkan solusi kreatif dan orisinil untuk memecahkan masalah daripada orang yang bangun pagi.

2. Lebih kebal terhadap stres
Mereka yang tidur larut malam dan bangun siang mungkin sering dianggap sebagai orang yang malas, dan kehilangan banyak waktu untuk mulai beraktivitas. Tapi, mereka yang bangun terlambat justru memiliki suasana hati yang lebih baik sepanjang hari daripada mereka yang tidur dan bangun tepat waktu.

Para ahli percaya bahwa kecenderungan mood buruk gara-gara bangun pagi terkait dengan waktu aktivitas pagi yang lebih panjang untuk mengurus berbagai kesibukan dalam satu waktu dan akan lanjut terus sibuk sampai sepanjang hari. Sehingga lebih cepat merasa frustasi, kesal, dan kekurangan energi pada akhirnya.

Sebaliknya, orang-orang yang suka begadang dan bangun lebih siang merasa lebih santai dalam menjalani hari.

3. Punya IQ lebih tinggi
Satoshi Kanazawa, seorang ilmuwan evolusioner di London School of Economics and Political Science, memiliki penjelasan mengapa orang yang suka tidur larut malam memiliki keuntungan ini.

Menurutnya, manusia dirancang secara evolusioner untuk lebih aktif di siang hari karena manusia tidak dapat melihat di kegelapan, dan karenanya membutuhkan cahaya untuk memandu arah ke mana kita pergi.

Itu sebabnya kita 'diprogram' untuk bangun saat matahari terbit dan pergi tidur saat malam.

4. Kelarin tugas
Siapa sih yang ga pernah kelarin tugas malam-malam? :v Pastinya pernah dong, nahh begadang juga bermanfaat disaat kita mau kerjain tugas, dikarenakan bisa saja sibuk disaat siang ataupun malam, jadi ngerjain tugasnya larut malam deh wkwk. Selain maanfaat diatas, begadang juga diperlukan untuk mengerjakan tugas disaat sudah larut malam.

Ya intinya begadang juga mempunyai manfaat, tapi lebih baik jangan terlalu sering begadang. Karena itu bisa membahayakan bagi tubuh kita masing-masing.

Cukup segitu dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua :)

Terima kasih

source : https://jogja.tribunnews.com/2018/09/28/tiga-manfaat-begadang-yang-jarang-diketahui?page=all

Comments

Popular posts from this blog

Download Kinemaster Pro Video Editor 4.7.7.11911.GP Apk (Unlocked)

Cara Memasang Syntax Highlighter di Artikel Blog

Download Ebook Belajar HTML & CSS