Mengetahui Apa itu RAT (Remote Access Trojan)

Trojan horse atau kuda troya atau yang lebih dikenal Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Lalu, apa itu RAT (Remote Access Trojan) ? RAT adalah program malware yang menyertakan pintu belakang (back door) untuk kontrol administratif atas komputer target.

Karena RAT memungkinkan kontrol administratif, program ini memungkinkan penyusup untuk melakukan apa saja pada komputer yang ditargetkan, termasuk:
  • Mendistribusikan virus dan malware lainnya.
  • Mengakses informasi rahasia, seperti password akun, informasi kartu kredit, ataupun dokumen.
  • Memantau perilaku pengguna melalui keyloggers atau program spyware.
  • Memformat hard drive.
  • Menghapus, mengunduh, atau mengubah file dan file sistem.
  • Mengambil screenshot layar, dan sebagainya.

RAT dapat sulit dideteksi karena biasanya tidak muncul atau tersembunyi dalam daftar program yang berjalan. Tindakan yang mereka lakukan dapat serupa dengan program yang sah. Penyusup akan sering mengatur tingkat penggunaan sumber daya RAT seminimal mungkin sehingga korban tidak menyadari bahwa PC mereka terinstall Remote Access Trojan.

Bukan hanya Remote Access Trojan, RAT juga singkatan dari Remote Administration Tool.

Oke, itu saja artikel singkat kali ini, siapa tau bisa bermanfaat untuk kalian semua yang belum paham dengan penjelasan RAT tersebut. Jangan lupa untuk terus aktifkan antivirus supaya komputer kalian tidak terkena RAT tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Download Kinemaster Pro Video Editor 4.7.7.11911.GP Apk (Unlocked)

Cara Memasang Syntax Highlighter di Artikel Blog

Download Ebook Belajar HTML & CSS