Jenis Jenis Ancaman Kejahatan Cyber di Masa Kini

Kini, ancaman serta serangan tak hanya terjadi secara offline atau langsung menyentuh diri kita, tetapi juga maraknya saling menyerang di dunia siber ataupun secara online.

Perlu diingat, semakin luas akses yng kita buka, maka semakin besar juga usaha kita harus memperhatikan keamanannya, mengingat perilaku pencari internet yang bebas dan banyak macam.

Adapun jenis-jenis ancaman siber berdasarkan modus operasi pelaksanaannya berikut ini.

Cyber Terrorism
Ancaman terencana ini bertujuan untuk mengganggu keamanan sosial, politik, dan ekonomi yang berdampak buruk besar pada rakyat sipil suatu negara sasaran melalui kekuatan teknologi internet. Misalnya seperti menyerang website resmi pemerintah, melakukan sadap jaringan komunikasi strategis politik, mencuri sumber data elektronik perbankan, dan masih banyak lainnya.

Cyber Crime
Ancaman siber kali ini berupa kejahatan yang melanggar peraturan hukum dan biasanya sasaran kejahatan adalah perorangan. Kasus pelaku kejahatan siber antara lain penipuan dalam transaksi jual beli online, penipuan credit card, menyebarkan virus (bisa berupa dokumen atau hyperlink) ke dalam jaringan sehingga sistem lumpuh dan data dicuri serta terkadang disalahgunakan, dan berbagai kasus lainnya bisa kalian baca diartikel Kasus Kejahatan CyberCrime.

Cyber Espionage
Jenis ancaman siber ini, pelaku akan melakukan kegiatan memantau secara intensif sasarannya memanfaatkan jaringan komputer yang dimasuki pelaku tanpa diketahui sasarannya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi terbaru dan sewaktu-waktu mencuri dokumen rahasia penting milik sasarannya. Misalnya, terjadi pada kasus pencurian data-data milik pesaingnya. Contohnya RAT (Remote Access Trojan).

Cyber Warfare
Ancaman dengan memanfaatkan teknologi internet yang satu ini, dilakukan dengan cara pelaku masuk ke dalam sistem sasarannya kemudian mengacak-acak sistem dan juga semua data yang ada didalamnya. Ancaman ini dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhdap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet.

Data Forgery
Ancaman ini merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scripless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditunjukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi "salah ketik" yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku karena korban akan memasukkan data pribadi dan nomor kartu kredit yang dapat disalahgunakan.

Illegal Content
Kejahatan ini sering sekali kita temui, karena kejahtan ini merupakan kejahatan dengan memasukkan data atau informasi tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum. Sebagai contohnya, pemuatan suatu berita bohong (Hoax) atau fitnah yang akan menjatuhkan martabat atau harga diri pihak lain.

Apakah kamu siap menghadapi jenis-jenis ancaman siber di masa kini?

Jangan lupa share & terus pantau website Santui Media untuk mendapatkan informasi terkini yaaaa >.<
Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Download Kinemaster Pro Video Editor 4.7.7.11911.GP Apk (Unlocked)

Cara Memasang Syntax Highlighter di Artikel Blog

Download Ebook Belajar HTML & CSS